Bursa Inovasi

Produk UMKM

  • 23-12-2024
  • desaperon
  • 24

Wirausaha, brand makanan kemasan lokal yang dihasilkan oleh Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) semakin menunjukkan potensi besar sebagai pilar ekonomi lokal dan identitas kuliner sebuah daerah. Makanan kemasan lokal tidak hanya menawarkan kelezatan dan keunikan rasa, tetapi juga mencerminkan keanekaragaman budaya dan warisan kuliner yang dimiliki oleh Indonesia. 

 

Mengapa brand makanan kemasan lokal UMKM menjadi begitu menarik? Pertama, brand-brand ini sering kali menerapkan nilai-nilai keberlanjutan dan keterlibatan dengan komunitas lokal dalam proses produksinya. Mereka menggunakan bahan baku lokal, mendukung petani lokal, dan menciptakan peluang kerja di wilayah sekitarnya. 

 

Kedua, brand makanan kemasan lokal UMKM menawarkan keberagaman kuliner yang kaya dan autentik. Dengan menggabungkan elemen khas lokal dengan kemasan yang menarik, mereka berhasil menarik perhatian pasar yang semakin menghargai keaslian dan keunikan produk lokal. Inilah yang membuat brand-brand ini menjadi salah satu penjaga kekayaan kuliner Indonesia.

 

1. Kopi

Industri kopi Indonesia telah tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. Tren minum kopi tidak lagi sekadar kegiatan rutin, tetapi juga menjadi gaya hidup bagi banyak kalangan. Hal ini membuka peluang bagi kedai-kedai kopi untuk menyajikan pengalaman yang unik dan berkualitas bagi para pelanggannya. Salah satu pelaku industri kopi yang berhasil menarik perhatian adalah Kopi Ketro, sebuah UMKM yang menonjol dengan pendekatan yang fokus pada kualitas produk, harga yang terjangkau, serta dukungan terhadap produk lokal. Di tengah persaingan yang semakin ketat, Kopi Ketro tetap memiliki pelanggan setia yang kembali untuk menikmati produk mereka. Apa yang membuat konsumen bertahan di Kopi Ketro? Beberapa faktor utama seperti kualitas rasa, suasana kedai yang nyaman, harga yang bersahabat, dan kepedulian terhadap produk lokal adalah daya tarik utama dari Kopi Ketro.


2. Gula Aren

Gula Aren merupakan salah satu produk UMKM yang sudah menjadi komoditas di beberapa daerah di Indonesia. Jika kita telisik secara mendalam, masyarakat Indonesia sejatinya tidak bisa terlepas dari budaya mengonsumsi gula. 

 

Jika dilihat dari kacamata bisnis, tentu hal ini merupakan sebuah potensi besar yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis khusunya UMKM gula aren yang merupakan salah satu produk gula yang memiliki beberapa kelebihan yang tidak dimiliki oleh gula tebu.

 

Adapun keunggulan dalam proses pembuatan gula aren dapat dilakukan langsung oleh masyarakat melalui industri rumahan, dalam hal ini adalah UMKM berskala kecil dan tidak memerlukan mesin-mesin canggih seperti pada pabrik gula serta memudahkan para pelaku UMKM gula aren dalam memproduksi gula aren. 

 

Selain itu, harga gula aren yang ditawarkan cukup menggiurkan dan gaya hidup masyarakat yang mulai mengganti penggunaan gula pasir dengan gula aren semakin membuka peluang besar bagi UMKM gula aren. 

 

 



Cuaca Hari Ini

Kamis, 02 Januari 2025 22:12
Awan Mendung
27° C 25° C
Kelembapan. 83
Angin. 0.84